Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Kamis, 12 Oktober 2017

Tips dan Trik lolos tahap 1 USM STIS 2018 + suplemen soal

Asslamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Hai-hai-hai, kali ini admin mau memberikan sedikit cerita dan tips untuk melewati tes tahap satu STIS. Oh iya, alhamdulillah admin baru saja diresmikan sebagai mahasiswa tingkat satu STIS 2017. Alhamdulillah banget, karena dari puluhan ribu peserta yang mengikuti seleksi masuk ke salah satu  perguruan tinggi kedinasan ini, admin adalah salah satu orang yang lolos. Sekedar info saja pada 2017 ini peserta yang mengikuti seleksi masuk STIS adalah sekitar 18.000 peserta dan peserta yang akan diterima sebagai mahasiswa baru hanya 600. Jadi bagi para coretanku lovers yang pengen melanjutkan kuliah di STIS harus segera mempersiapkan diri dengan baik, karena saingan yang banyak.

Sedikit cerita dari admin ya. Admin mengikuti seleksi STIS di Surabaya, Jawa Timur karena memang admin tinggal di Jawa Timur.  Di Jawa Timur sendiri ada sekitar 2000 peserta, dan pas admin mengikuti tes di Surabaya ini cukup membuat admin sedikit nervous. 

Biar nggak panjang-panjang langsung saja admin beberkan tips dan trik melewati tes tahap satu STIS. 

Pada tes tahap satu STIS 2017 mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris dan Matematika. Jumlah soal yang diujikan pada tes tahap satu ini adalah sebanyak 120 soal terdiri dari soal matematika 60 dan soal bahasa inggris 60. Waktu yang diberikan dalam pengerjaan adalah 90 menit dengan sistem pengerjaan maraton.

Admin bahas tentang tes bahasa inggris terlebih dahulu.  Dalam tes bahasa inggris kebanyakan soal yang diujikan adalah tentang grammar, ini menurut admin sangat menguntungkan karena kita tidak perlu belajar banyak tentang kosakata dan pemahaman membaca (reading comprehension). Tetap terdapat soal tentang dua materi tersebut, namun jumlah soalnya hanya sedikit. Soal tentang vocabulary susah untuk diakali karena memang dalam soal jenis ini kita harus banyak latihan membaca bacaan berbahasa inggris dan menerjemahkannya. Satu-satunya celah yang dapat digunakan adalah dengan mempelajari soal soal tahun sebelumnya. Untuk jenis soal reading comprehension tipe soalnya cukup sederhana karena kebanyakan soal hanya menanyakan "terdapat dimanakah pernyataan tentang..." . Sedangkan untuk soal grammar kalian harus belajar dengan sungguh-sungguh. Bagi kalian yang merasa pemahaman grammar kalian rendah harus berusaha dari sekarang untuk menambah pengetahuan tentang grammar. Mulailah mencari dan membaca soal-soal tentang grammar. Jangan khawatir, admin dulu juga sama sekali tidak mengerti tentang grammar. yang admin tau hanya rumus-rumus sederhana, seperti simple present, past present,... cuma itu aja. Kuncinya hanya satu yaitu kemauan.

Sedangkan soal matematika diujikan menurut admin sedikit lebih sulit dibanding soal UN matematika SMA, hanya dibubuhi sedikit "trik", iya trik, jadi dalam mengerjakan soal jarang bisa didapatkan jawabannya dengan menggunakan cara yang konvensional. Kabar gembiranya soal matematikanya dapat admin pastikan lebih gampang dari pada soal SBMPTN. Bagi kalian yang merasa matematika kalian kurang jangan mengendur semangat  dulu, karena menurut saya soal matematika yang diujikan tidak susah-susah amat, dan tipe soal yang diujikan hampir sama setiap tahunnya. Jadi kalian cukup mempelajari materi yang diujikan dengan mengumpulkan soal dari tahun tahun sebelumnya terus mempelajari "trik-trik" nya. 

Sekarang akan admin bahas persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan tes. Persiapan yang perlu dilakukan yaitu menjaga kondisi badan, melakukan survei tempat terlebih dahulu, dan mempersiapkan peralatan. Menjaga kesehatan tentu merupakan kunci utama untuk melakukan suatu perkerjaan, apalagi pekerjaan yang krusial, tidak terkecuali dalam melaksanakan tes. Banyak orang yang gagal dalam tes karena kondisi kesehatan yang kurang fit. Jadi saya sarankan untuk kalian meminum vitamin dan tidur yang cukup kira-kira mulai dua hari sebelum tes.

Yang tidak kalah pentingnya adalah survei tempat terlebih dahulu. Ini diperlukan supaya kita lebih mudah menemukan tempat tes kita pada saat hari-H. Admin sarankan untuk melakukan survei tempat sehari sebelum tes dilaksanakan. Mengapa sehari sebelum tes dilaksanakan? karena pada saat itu tentunya ruangan untuk kita melakukan tes sudah dipastikan, serta dengan cara seperti ini kita sekaligus melatih mental. Bagaimana maksudnya melatih mental ? pada saat kita melakukan survei tempat sehari sebelum tes, tentunya kita akan bertemu dengan sebagian calon lawan kita pada saat tes dilaksanakan.

Untuk peralatan yang perlu dipersiap diantaranya :
  • Peralatan tulis (pensil 2B, bolpoin, penghapus, dan peraut)
  • Papan alas ujian,
  • Jam tangan,
  • Tissue,
  • Kartu tanda peserta, dan
  • Kartu identitas asli yang berfoto (KTP, SIM, Kartu Pelajar)
  • Jangan lupa sarapan pagi.
Mungkin itu saja tips dan trik yang bisa admin berikan, mohon maaf jika penjelasan yang admin berikan kurang jelas, mohon maaf juga jika ditemukan typo :D... Untuk kenang-kenangan admin lampirkan kumpulan soal matematika USM STIS, semoga bermanfaat...

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Sedikit update dari admin, tes tahap 1 STIS tahun 2018 hanya mengujikan mata pelajaran MATEMATIKA, jumlah soalnya 60 dan waktu pengerjaan 90 menit. Jawaban benar diberi nilai 4, salah -1,  dan kosong 0. Tambahan lagi, di tahap 1 ini tes nya berbasis komputer (CBT). 

Link download  --->>

DOWNLOAD (Latihan 1)

DOWNLOAD (Latihan 2)

DOWNLOAD (Latihan 3)








65 komentar:

  1. Ya allah makasih banyak ya kak infonya, dari yang tadinya pengen nangis takut gak bis tapi jadi semangat lagi. smoga tahun ini jadi mahasiswi STIS 2018 aamiin, doain yaa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya, semangat ya, semoga diberi kelancaran dan bisa menjadi STIS 60

      Sedikit update, tahun ini tes tahap 1 stis hanya mengujikan pelajaran MATEMATIKA

      Dan nama STIS sendiri berubah menjadi Politeknik Statistika STIS

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kak waktu pengerjaan tahap 1 tetap 90mnt?
    sistem penilaiannya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, admin belum tau, soalnya ngga ada pemberitahuan...

      Hapus
    2. Update info, waktu untuk mengerjakan tes matematika 90 menit dan jumlah soal yang diujikan sebanyak 60 soal

      Hapus
  4. makasih ya dek infonya, aku punya adik juga rencana mau masuk stis,, semoga bernasib sama kayak ade aditya

    BalasHapus
  5. Kak tahap tahap lainnya apa aja kak? Mau dong tips triknya untuk tahap selanjutnya. Katanya ada larinya yah kak tolong dong kak triknya gimana.

    BalasHapus
  6. Kak tahap tahap lainnya apa aja kak? Mau dong tips triknya untuk tahap selanjutnya. Katanya ada larinya yah kak tolong dong kak triknya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tips tes yang selanjutnya menyusul ya, pas udh selesai tes tahap 1 nya.. saran saya fokus aja dulu tahap 1...

      Untuk tes lari sendiri saya ngga mengalami, karena baru tahun ini ada tes lari, jadi saya ngga bisa ngasih tips nya..

      Hapus
  7. Update info, waktu untuk mengerjakan tes matematika 90 menit dan jumlah soal yang diujikan sebanyak 60 soal

    Jadi ga ada bahasa inggrisnya min?

    BalasHapus
  8. Terimakasih mas untuk sharing ilmu dan pengalamannya, semoga semakin barokah.

    BalasHapus
  9. Tahun lalu kakak jawab ujian matematikanya brp soal? Buat bahan pertimbangan nih

    BalasHapus
  10. Minimal harus jawab berapa soal kak?

    BalasHapus
  11. Ka kalo masalah baju pas ujian ada ketentuan nya ga ya?
    Bantu doa yaa kaa pengen banget polstat huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk baju biasanya sih bebas rapi bersepatu, yang penting jangan lupa bawa ktpum sama kartu tanda pengenal...

      Iya, semoga diberi kelancaran dan hasilnya bisa memuaskan ya... Aamiin

      Hapus
  12. Duh, kok degdegan yah kak. Tgl 13 ini aku tes tahap I doain aku yah kak. Mudah2an aku lolos. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya aamiin
      Jangan kalah mental dulu ya pas tes, kalo udh kalah mental repot.. Pokoknya pd aja

      Hapus
  13. kak, latihan soal 1-3 nya itu beneran soal asli stis tahun lalu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang latihan 1 itu soal usm stis tahun lalu. Terus yang latihan 2 itu soal usm stis lama. Yang latihan 3 itu screenshoot dari simulasi umbk, soalnya belum lama ini mahasiswa tingkat 1 disuruh simulasi umbk stis...

      Hapus
    2. makasih banyak udah share kaaak

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Kak kok saya engga bisa buka latihan 3 kak? Bagaimana buka nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena itu filenya berupa gambar jadi saya bikin rar. Kalo format rar kan emang ngga bisa diliat langsung dari google drive...

      Jadi caranya download dulu filenya baru ekstrak di laptop/hp...

      Hapus
  16. Kak kok saya engga bisa buka latihan 3 kak? Bagaimana buka nya

    BalasHapus
  17. Buat yang lolos ke tahap berikutnya yaitu tkd bisa baca tips di

    http://adityafireman.blogspot.co.id/2018/05/tips-dan-trik-lolos-tkd-umbk-stis-2018.html?m=1

    Semoga bermanfaat:)

    BalasHapus
  18. mohon izin ka.. mau nanya, pas kka mau ndftr stis kan belajar soal2 tahun lalu, kka ndapetin soal2 itu darimana ka? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli buku usm stis... Koperasi mahasiswa stis sendiri setiap tahun juga menerbitkan buku soal" tahun sebelumnya...

      Hapus
    2. Buku usm nya bisa dibeli online di https://m.tokopedia.com/kopmastis/

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Kak mau tanya dong, jadi mulai 2018 tes bahasa Inggris nya udah dihapus? Atau tetal ada tapi di tahapan selanjutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya udah ngga ada sama sekali.... jadi difokusin ke matematikanya

      Hapus
  21. Aku kan ikut tes thun 2017 tp ga lolos.. kira2 ikut lgi th 2019 bisa ga ya kak ? Aku bingung bbrapa cara ngerjainnya sprtinya soal2 stis ini ada trik tersendiri ya cara seleseinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bulan ini bukunya belum terbit jadi tunggu aja dulu...

      Hapus
  22. Kak dapet trik trik ngerjainya dari mana soalnya aku belajar jarang nemu triknya yg ada pake cara biasa dan lama bgt. Kalo kaka punya trik triknya mohon share y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian promosi ya... tips dan trik nya bisa didapat di buku usm yang diterbitkan kopma STIS... Kalo mau beli bisa lewat https://m.tokopedia.com/kopmastis/

      Hapus
  23. Tingkat kesulitan soal matematikanya gimana kak? Apa banyak soal soal hot nya?
    Dan di shopie ada nggk kak buku USM STIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat kesulitan soalnya kalo menurut saya lebih gampang dari sbmptn kok, tapi emang di soalnya biasanya perlu "trik"...

      Hapus
  24. Kemarin jawab berapa kk Matematikanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngga ingat angka pastinya... Sekitar 85% lebih dikit lah saya jawabnya, jangan lupa jawabnya yang udah pasti" aja jangan gambling...

      Hapus
  25. Kak ada update terbaru gak seputar tes tahap 1 stis tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk update pastinya belum ada pemberitahuan dari kampus, tapi yang jelas tahun kemarin tahap satunya pake komputer (CBT)

      Hapus
    2. Apa sudah pasti kak tahun ini ada tes bahasa inggris atau tidak, katanya tahun kemarin tidak ada

      Hapus
    3. Sejauh ini belum ada kepastian, tapi memang tahun kemarin ngga ada...

      Hapus
    4. Kak, kalo daftar seleksi stis itu di website resminya kan?

      Hapus
    5. Pertama daftarnya di website panselnas, itu buat milib ptk yang mau di tuju. Jadi tiap orang ga bisa milih lebih dari satu ptk
      Nah habis dari panselnas baru ke website stis

      Hapus
  26. Gan test tahap 1 kan ada 3 hari nah pemilihannya nanti dipilihin atau kita yang pilih? Terus pagi atau siang gan makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipilihin gan, terus kata adik tingkat, tahun kemarin seharinya ada 3 sesi dan masing masing sesi ada jam nya entah pagi atau siang, jadi tergantung juga dapet sesi yang keberapa...

      Hapus
  27. Untuk tahun ini, klo ada jawaban yg slh pointnya mines atau pointnya 0 (kosong). Dan minimal berapa jawaban benar supaya lolos tahap 1.

    BalasHapus
  28. Kalo tahun ini belum ada pemberitahuan ya,.. nanti saya update kalo udh ada, tapi yang jelas tahun kemarin kalo salah -1...
    Untuk batasan minimal jawaban benar saya tidak tahu... biasanya diambil yang nilainya tertinggi sesuai kuota lolos tahap 1

    BalasHapus
  29. Bang, ini pengumuman lokasi sama jadwal buat ujian kok belum ada ya, padahal sudah melakukan pembayaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengumuman lokasi dan jadwal akan diumumkan tanggal 4 mei... untuk info lebih lanjut dan lengkapnya bisa kunjungi http://spmb.stis.ac.id

      Hapus
  30. Untuk penilaian soalnya tahap 1 dan tahapg 2 gimana kak?skor bernilai benar dan salahnya berapa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skor penilaian tahap satu sementara masih sama seperti tahun lalu, Jawaban benar diberi nilai 4, salah -1, dan kosong 0. Untuk tahap dua ada skor minimalnya... lebih lengkapnya bisa dibaca di adityafireman.blogspot.com/2018/05/tips-dan-trik-lolos-tkd-umbk-stis-2018.html
      saya sarankan untuk fokus lolos tahap 1 dulu soalnya di tahap 1 ini menurut saya yang paling ketat, karena jumlah peserta yang masih banyak....

      Hapus
  31. Kak dulu tes nya pakai sistem cbt atau kertas?

    BalasHapus
  32. Makasih banyak kak buat trik²nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama" , semangat belajarnya. Untuk tipe" soal terbaru admin udh ngga terlalu mengikuti, jadi disarankan cari sumber lain yaa

      Hapus